10 Tips mengoptimalkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO memainkan peran penting dalam membawa lalu lintas pengunjung ke sebuah blog termasuk yang di-host di Blogger. Kali ini kami akan membahas tentang teknik-teknik optimasi halaman untuk pengguna platform Blogger.

1. Kirimkan Sitemap; Pengiriman sitemap/peta situs ke mesin pencari utama seperti Google, Yahoo dan MSN memungkinkan mereka menemukan halaman internal blog Anda. Untuk blog Blogger, sitemapnya adalah halaman yang sudah diberi RSS feed. Untuk referensi, kami telah menulis artikel mengenai cara pengajuan sitemap Blogger di Google.

2. Pasang Meta tag; Meta tag HTML adalah kode sederhana yang disisipkan ke dalam template untuk memberikan gambaran tentang parameter yang berbeda dari sebuah situs web atau blog, terutama untuk mesin pencari. Banyak orang mengatakan tag meta berada di luar fokus SEO sejak 2-3 tahun terakhir, tapi hal ini berbeda dengan blog Blogger. Banyak blog yang menempati ranking teratas yang di indeks google ternyata dipasangi Meta Tag secara manual.

3. Optimalkan judul posting; judul posting halaman Blogger tidak diformat sama dengan apa yang anda tuliskan. Coba perhatikan salah satu posting anda yang telah terpublikasi, pada address bar biasanya judul posting menyatu dengan Title blog dan menyebabkan cacat potensial di posisi mesin pencari. Periksa posting blog anda untuk memperbaiki masalah ini, atau lakukan dengan cara menghilangkan Title Blog pada mesin pencari.

4. Pelihara kepadatan kata kunci; Tetaplah untuk selalu mengingat tentang apa yang anda posting. Sertakan kata kunci yang diperlukan dalam artikel dengan mempertahankan kualitas. Jangan terlalu banyak menyediakan keyword hanya untuk mengelabui mesin pencari. Sebaiknya carilah keyword yang bisa diulang dua atau tiga kali dalam artikel tanpa mempengaruhi minat pembaca.

5. Tata halaman anda; Aturlah arsip halaman dan posting anda yang memungkinkan pembaca mudah mengakses semua posting hanya dengan satu klik sesuai pedoman webmaster Google. Menyediakan link ke posting terkait dan menghubungkan posting baru ke posting yang lebih lama juga akan membantu meningkatkan SERPs Anda.

6. Hapus link pada label dan teks; halaman Label di Blogger secara otomatis mengaktifkan 'nofollow' oleh Google. Jadi tidak ada nilai seo dengan menjaga label di halaman blog. Sebagai alternatif, Anda dapat mengkategorikan posting Anda dan memasukkan mereka dalam single post yang bisa diperbaiki dalam situs. Contoh; Daripada menempatkan label trik dan tips, lebih baik menulis posting utama berisi semua posting dengan tagged yang sama dan ditempatkan sebagai link teks di halaman blog.

7. Gunakan nofollow di lokasi yang cocok; Nofollow adalah atribut HTML yang menginstruksikan mesin pencari untuk mengikuti sebuah link atau tidak. Jika itu diterapkan, link yang ditargetkan tidak akan mendapatkan nilai untuk link tersebut dalam hasil pencarian. Anda dapat menggunakan nofollow di halaman download ketika menghubungkan ke pesaing Anda atau situs spam.

8. Optimalkan gambar untuk mesin pencari; Sumber lain lalu lintas mesin pencari adalah lalu lintas gambar. Hal ini amat penting untuk sebuah situs hiburan atau blog yang banyak menampilkan gambar. Periksa apa yang bisa Anda lakukan untuk seo gambar di Blogger.

9. Mengoptimalkan kode; Optimalkan template Blogger anda dengan menghapus JavaScripts dan kode CSS yang tidak perlu. Ini akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda termasuk peningkatan kecepatan loading blog anda. Periksa juga satu persatu kode link yang mungkin disisipkan dalam template anda, sebaiknya hapus saja link eksternal yang tidak perlu.

10. Sembunyikan Blogger Navbar; Pada Blogger biasanya dibagian atas halaman selalu tampil Navbar, agar mesin pencari lebih fokus pada isi blog anda sebaiknya hilangkan saja Navbar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

copyright (c) 2011 info BeGe | is a registered service of BG foundation. a nonprofit agency that focuses on human resource development