Download software Indeks Kesiagaan Bencana

Akhir-akhir ini bencana alam kerap terjadi di negeri kita. Gempa bumi, Tsunami, Gunung meletus, Banjir serta beberapa bencana lainnya mulai sering menimpa masyarakat Indonesia. Untuk mengatasinya, tentu tidak cukup hanya mengharapkan respon pemerintah saja, dibutuhkan kesiapsiagaan dari masyarakat sendiri agar setidaknya dapat mengantisipasi dan meminimalisir bencana. Jika anda seorang relawan kebencanaan atau mungkin orang yang peduli pada penanggulangan bencana, UNESCO telah membuat sebuah software bernama IKB 1.0 yang dapat mengukur sejauh mana kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

IKB 1.0 adalah perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menampung dan mengolah data hasil survei tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam gempa bumi dan tsunami. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Unesco, Jakarta Office.

Perangkat lunak ini dirancang untuk menampung data hasil survei menggunakan kuesioner yang telah dikembangkan oleh Tim LIPI bekerjasama dengan Unesco. Untuk memahami lebih jauh perangkat ini silahkan download pada link dibawah ini:

Download IKB 1.0
Download Manual IKB 1.0

sumber: www.jtic.org

4 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan mitigasi bagi para relawan kebencanaan.

    BalasHapus
  2. makasih banget bung..

    BalasHapus
  3. thx bpk sngat membantu tesis saya

    BalasHapus
  4. oya pak kalo misal bencananya saya ganti dengan bencana lain. pakai software itu bisa gak ya? krena pnelitian sya berhubungan dengan erupsi gunung berapi. thx

    BalasHapus

 

copyright (c) 2011 info BeGe | is a registered service of BG foundation. a nonprofit agency that focuses on human resource development